:

Sabtu, 04 Agustus 2012

Tutorial Cara Mengganti Keyboard Laptop Compaq CQ42

                Inilah salah satu beban para pengguna laptop di seluruh dunia. Ketika keyboard laptop kita rusak, laptop tidak akan bisa digunakan untuk mengetik. Itu akan menjadi masalah besar jika saat diperlukan untuk membuat sebuah tugas di kampus atau bahkan saat kita akan menyelesaikan skripsi laptop malah tidak dapat digunakan.
                Sebenarnya ada beberapa cara alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Seperti menggunakan virtual keyboard bawaan windows. Tentunya akan sedikit merepotkan, karena tugas mengetik dialihkan ke sebuah mouse. Atau bisa juga dengan membeli sebuah keyboard USB yang sebenarnya digunakan di komputer desktop, tentunya di beberapa jenis keyboard USB tersebut tidak memiliki fungsi-fungsi yang khusus seperti yang ada di keyboard laptop.
Solusi yang terbaik hanya lah dengan mengganti keyboard yang ada di laptop itu sendiri. Kita dapat membawa laptop kita ke service laptop dan tinggal membayarnya. Atau juga bisa dengan iseng-iseng menambah pengalaman kita dengan mengganti sendiri keyboard laptop yang rusak.

                Mungkin ada orang yang berpikir pasti berbahaya jika membongkar laptop sendiri, apalagi dengan ketrampilan yang kurang. Sebernarnya tidak akan terjadi masalah jika kita berhati-hati. Dari pengalaman saya sendiri, pertama kali saya membongkar laptop memang merasa takut jika ada yang rusak atau salah pasang saat perakitan kembali. Tapi dengan berhati-hati dan yakin, hasilnya saya dapat dengan benar membongkar dan merakit kembali saat memperbaikinya. Jadi, jika laptop kalian ada komponennya yang rusak, tidak usah takut untuk memperbaikinya sendiri.
Di sini saya akan memberikan langkah-langkah dalam mengganti keyboard laptop. Laptop yang saya pakai dalam uji coba ini adalah laptop Compaq Presario CQ42.

Alat dan bahan :
Siapkan laptop yang akan diperbaiki, obeng, dan keyboard yang masih baik.

Langkah-langkah pengerjaan:
1. Buka baut yang  hanya memegang keyboard, dan satu baut tersembunyi di balik tutup RAM.



2. Tarik sedikit ke atas papan keyboard secara perlahan dengan cara mengambil 4 tombol keyboard bisa dari tombol f5 sampai f8 dengan kuku secara bersamaan.


3. Setelah sedikit terangkat, dengan tangan yang lain, ambil papan keyboard dan tarik ke atas sampai bagian kanan dan kiri terlepas dari bodi laptop. Kemudian tarik sedikit ke arah monitor.


4. Angkat bagian bawah keyboard secara perlahan.


5. Lepas kabel keyboard. Dengan langkah awal, angkat dahulu penjepit kabel, kemudian angkat kabel ke atas.



6. Siapkan keyboard yang masih bagus, kemudian pasang ke laptop. Langkahnya pasti kalian sudah tahu. Pertama-tama pasang kabel ke dalam port, kemudian tekan penjepitnya.



7. Pasang keyboard mulai dari bawah keyboard. Kemudian tekan-tekan bagian keyboard sebelah kanan, kiri dan atas.





8. Pasang kembali seluruh baut dan penutup RAM.

Demikian tutorial yang dapat saya berikan. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan. Astungkara.. :)
Jika ada yang masih bingung, dapat kiranya menuliskan beberapa patah kata di kotak komentar di bawah. Terima kasih..

9 komentar:

  1. Mas, mo tanya klo cuma melepas satu tombolnya aja gmn? punya ku tombol 'N'nya gak berfungsi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setauku klo 1 tombol sj yg tidak berfungsi harus di ganti keseluruhannya, secara g' ada yg jual 1 tombol CMIWW

      Hapus
    2. smntara sja, bkan sementaun :D

      Hapus
  2. Thankss banget, sangat membantuu..

    BalasHapus
  3. gan kalo yang copot 1 tombol gimana ? Misalnya Arah ( -> ) Gimana Pasangnya Bingung nih ane soalnya fungsinya masih kena

    BalasHapus